Senin, 17 November 2014

semiliar cinta untuk ayah



RESENSI NOVEL
Judul Novel : “ Semiliar Cinta Untuk Ayah, Sebuah Kumpulan Kisah tentang AYAH”
Nama Penulis: Novi Chi, Dkk
Penerbit : Gema Insani
Harga : Rp. 39.000,00-
Penyunting : Jumi H
Perwajahan Isi & Penata Letak : Bib
Desain Sampul : Mimin
Tebal Buku : 256 hlm.; 18,3cm.
Cetakan : ke-I Gema Insani Press 2011

TerbitMei 2011

"saya ada tugas sekolah membuat resensi awalnya bingung cari novel yang bagus dan beberapa hari kemudian dengaar dari temen kalo buku ini ceritanya bagus sampai menangis membacanya,dan akhirnya aku mencari buku ini dan ternyata dapet di toko buku :D"
hmmm....dan akhirnya aku bisa membaca buku ini yang menceritakan kisah penulis kepada ayah tercinta, bener apa kata temanku bilang setelah aku membaca buku ini aku sampai terharu dan meneteskan air mata :'(.....
Seperti judulnya, "Semiliar Cinta Untuk Ayah" emang buku yang berisi cerita penuh kenangan tentang sosok ayah. Well, rata-rata kita emang menggambarkan sosok ayah sebagai orang yang tegas, mungkin kaku, atau malah galak, hehehe. Tapi percayalah, di balik semua itu, ayah adalah sosok laki-laki yang sangat hebat, dan my super hero,lho!!

Buku ini yang menceritakan ayah para
penulis ayah yang keras otoriter dan kurang disayangi dibandingkan dengan para ibu. Ada juga yang menceritakan tentang tidak pernah merasakan memiliki ayah karena ditinggal oleh ayahnya satu hal yang pasti saya merasakan bersyukur sekali karena masih memiliki seorang ayah dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
      Tak sedikit penulis tersebut merasa kecewa, dendam dan skit hati terhadap ayahnya namun yang beriringnya waktu setelah menyadari keberhasilan, usia ayah yang mulai senja serta kegigihan yang usaha ayah untuk anak-anaknya agar lebih berguna, baru para penulis menyadari betapa seorang ayah yang memiliki sifat-sifat jelek baik itu sang ayah memiliki kelembutan yang tak bisa dinampakkan olehnya.
      Apa yang dilakukan ayah tersebut hanya semata-mata untuk menjadikan anaknya lebih berarti dalam hidupnya kelak ia dewasa dan bisa mengurus diri sendiri dan membina rumah tangga bekal yang diberikan seorang ayah kepada anak emang berbeda-beda tapi sebenarnya dibalik kelasnya seorang ayah dia begitu sangat perhatian dan rapuh. Hanya saja semua ayah pasti akan selalu menampakkan wajah tegar, kuat pada anak-anaknya.
      Dari semua tulisan dibuku tersebut yang paling aku suka adalah judul 1001 profesi demi meraih mimpi karangan joko susanto asal jawa tengah. Seorang ayah yang bekerja entah apa itu yang penting halal dan bisa menjadikan anaknya jauh lebih baik darinya. Ayah tersebut juga tak mengenal lelah dan mengeluh justru apa yang ia dapatkan meskipun sedikit bila itu halal sudah sangat berarti bagi dirinya dan keluarga.ayah tersebut juga tak lupa dengan membagikan sedikit hasilnya kepada yang tidak mampu, meskipun sebenarnya ayah tersebut juga bukan orang mampu.karena menurutnya apa yang ia punya bukan sepenuhnya miliknya.
Ayahku tak bicara,diam,disiplin dank eras.karena itu jangan sekali-kali melakukan apa yang sudah menjadi larangannya,bula dilakukan maka siap-siap menerima tangan ayah yang akan melayang disalah satu anggota badan kami anaknya.
Setelah aku dewasa bekerja,punya pacar,berkeluarga,punya anakaku baru menyadarinya…apa yang dilakukan ayah bukan karena ia benci pada kami melainkan ia ingin anak-anaknya bisa lebih kepada kita untuk menjaga diri dari apapun itu dan hasilnya akan berbuah manis, rasa manis itu bukan untuk siapa-siapa melainkan untuk diri kita sendiri, untuk itu jangan pernah membenci ayah…apapun itu karena ayah adalah kekuatan dan inspirasi.
(hal.88) ayah dengarlah betapa sesungguhnya kemencintaimu akan aku buktikan
Kukan penuhi maumu
I love you ayah…because of allah
Mencerminkan cinta seorang anak kepada seorang ayah…ayah aku ingin seperti ayah yang selalu kuat dan sabar menhadapi setiap masalah…ayah adalah sosok lelaki yang selalu aku banggakanJ.
            Kelebihan novel ini sangatlah mudah dipahami karena sangat lengkap dari awal sampai akhir,dan kekurangannya novel ini tidak dilengkapi dengan gambar.
            Kumpulan novel ini sangat bagus dibaca oleh anak-anak bahkan remaja karena didalamnya terdapat kisah cinta seorang anak untuk ayahnya…dad we love you :* J.

            Amanat dari novel ini kita harus mencintai dan taat pada seorang ayah karena atas kerja kerasnya yang tanpa lelah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar